Sekretariat Dewan Sumber Daya Air Nasional (Dewan SDA Nasional) telah menggagas pertemuan dengan seluruh anggota Dewan SDA Nasional, baik yang berasal dari unsur Pemerintah maupun dari unsur non-Pemerintah untuk membahas tindak lanjut pelaksanaan Kebijakan Nasional (Jaknas) SDA di Bogor (26/5).

Dalam pertemuan yang dipandu Sekretaris Harian Dewan SDA Nasional, Ir. Imam Anshori, MT ini dihadiri paling tidak sekitar 30 orang anggota Dewan SDA Nasional.

Pada kesempatan tersebut Imam Anshori menyatakan, bahwa rapat ini akan menjadi masukan bagi pelaksanaan kerja Dewan, khususnya dalam rangka mempersiapkan hal-hal yang berkaitan dengan salah satu tugas dan fungsi Dewan SDA Nasional, yaitu melaksanakan pemantauan dan evaluasi pelaksanaan Jaknas SDA.

“Hal ini merupakan salah satu rencana kerja yang sudah ditetapkan didalam sidang Dewan SDA Nasional pada tanggal 14 April 2010. Pertemuan ini juga dimaksudkan untuk membahas beberapa target,” jelas Imam.

Target pertama, membahas langkah lanjut sesudah tersusunnya Jaknas SDA. Kedua, menyusun rencana pelaksanaan diseminasi Jaknas SDA ke tiga provinsi dan terakhir mengunjungi kegiatan konservasi yang telah dilaksanakan PT. Tirta Investama yang tergabung dalam Asosiasi Pengusaha Air Minum Dalam Kemasan Indonesia (Aspadin) yang merupakan salah satu Anggota Dewan SDA Nasional dari unsur non-Pemerintah dan sekaligus penanaman pohon secara simbolik oleh beberapa anggota Dewan SDA Nasional.

Kesepakatan

Dalam rapat tersebut, telah disepakati untuk acara Diseminasi Jaknas SDA yang difasilitasi Sekretariat Dewan SDA nasional akan dilaksanakan di tiga provinsi, yaitu Palembang – Sumatera Selatan, Surabaya – Jawa Timur dan Makasar – Sulawesi Selatan.

Untuk masing-masing provinsi tersebut, juga telah disepakati sebagai penyaji dan narasumber pada acara desimniasi nantinya akan berasal dari Anggota Dewan SDA Nasional yang masing-masing terdiri dari tiga orang penyaji dan tiga orang narasumber disertai dengan seorang moderator.

Sedangkan waktu pelaksanaannya menurut rencana, akan dilaksanakan pada awal Juli di Kota Palembang, pertengahan bulan Juli di Kota Surabaya dan untuk Kota Makasar rencananya akan dilaksanakan pada awal bulan Agustus 2010.

Peninjauan

Sementara dalam acara peninjauan kegiatan konservasi ke PT. Tirta Investama di Kota Sukabumi – Jawa Barat, para peserta melihat kondisi beberapa sumber air yang dipakai dan diperuntukan bagi salah satu air mineral – Aqua.

Pada intinya, air yang berasal dari sumber air tersebut, dipompa untuk dialirkan dan kemudian dilakukan penyaringan dan streilisasi sebelum diperoduksi oleh pabrik yang letaknya tidak jauh dari sumber air tersebut dan masih dalam satu kawasan milik PT. Tirta Investama dengan jarak sekitar 200 meter.
Dalam kaitannya dengan penduduk setempat, pihak PT. Tirta Investama juga menyediakan berbagai fasilitas air bersih untuk warga di sekitar lokasi pabrik guna memenuhi kebutuhan hidup mereka sehari-hari.

Disamping itu, guna pemberdayaan dan upaya konservasi lahan dan air, produsen air mineral Aqua ini juga menyediakan sejumlah lahan yang bisa ditanam dan hasilnya bisa dimanfaatkan untuk menopang kehidupan masyarakat sekitarnya.

Pada acara ini, juga dilaksanakan diskusi dan tanya jawab antara PT. Tirta Investama dan Anggota Dewan SDA Nasional yang kemudian dilanjutkan dengan penanaman pohon secara simbolik oleh beberapa Anggota Dewan SDA Nasional dan Sekretaris Harian dewan SDA Nasional.** gml/faz/ad


Foto Lainnya :

 

Tindak Lanjut P...
Tindak Lanjut P...
Tindak Lanjut P...
Tindak Lanjut P...
Tindak Lanjut P...
Tindak Lanjut P...
Tindak Lanjut P...
Tindak Lanjut P...

Kebijakan PSDA Nasional

Counter Pengunjung

Hari ini16
Kemarin755
Minggu ini1982
Bulan ini19138
Total344091

Situs Terkait

Webmail

Iklan Layanan Masyarakat