Diseminasi Rancangan Naskah Kebijakan Nasional Sumber Daya Air (Jaknas SDA) untuk Wilayah Barat telah dilaksanakan dengan lokasi di Kota Palembang – Provinsi Sumatera Selatan (8-9/7).

Dibuka oleh Gubernur Sumatera Selatan, Ir. H. Alex Noerdin, SH dan dihadiri oleh Dirjen Sumber Daya Air – Kementerian Pekerjaan Umum (PU) DR. Ir. Moh. Amron, M.Sc, diseminasi ini paling tidak dihadiri lebih dari 50 orang peserta yang berasal dari Kepala Bappeda, Kepala Dinas PU, Kepala Dinas Kehutanan, Kepala Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS)/Kepala BWS se-Sumatera dan DKI Jakarta.

Dalam sambutannya, Dirjen SDA – Kementerian PU selaku SekretarisDewan SDA Nasional menyampaikan, bahwa air adalah sumber kehidupan, tiada kehidupan yang tidak membutuhkan air.

“Air untuk semua. Semua membutuhkan air. Jarang menyadari betapa esensialnya air. Sehingga tidak berlebihan bahwa seharusnya semua untuk air agar kehidupan ini tetap terjaga dan berkelanjutan,” kata Amron.

Menurut Amron, sumber daya air selain sebagai penopang sistem kehidupan, juga sebagai modal pembangunan. Hasil pembangunan sumber daya alam, termasuk sumber daya air, baik sebagai bahan mentah maupun sebagai penunjang proses produksi telah mampu menymbang 24,8 persen terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) dan menyentuh angka 48 persen terhadap penyerapan tenaga kerja.

Lebih lanjut dikatakan Dirjen SDA, bahwa pembangunan ekonomi sampai saat ini meskipun telah menghasilkan berbagai kemajuan, agaknya masih jauh dari cita-citanya untuk mewujudkan perekonomian yang tangguh dan menyejahterakan kehidupan seluruh lapisan masyarakat.

“Oleh karena itu tantangan besar kemajuan perekonomian 20 tahun mendatang adalah meningkatkan pertumbuhan ekonomi secara berkelanjutan untuk mewujudkan kesejahteraan sekaligus mengurangi ketertinggala dari bangsa-bangsa lain yang lebih maju,” ujar Amron.

Tanpa adanaya sumber daya alam yang terjaga, yang cukup dan aman termasuk air, Amron menyatakan, maka tantangan tersebut akan semakin sulit dihadapi. “Bahkan pengelolaan sumber daya alam masih sering mengabaikan kelestarian fungsi lingkungan hidup”, jelasnya.

Arahan Nasional

Sementara itu dalam sambutannya, Gubernur Sumatera Selatan menyatakan kegembiraannya dan mendukung sepenuhnya penyelenggaraan diseminasi Rancangan Naskah Jaknas SDA yang akan menjadi arahan nasional untuk merencanakan, melaksanakan, memantau dan mengevaluasi pengelolaan SDA dalam jangka panjang priode 2010 – 2030.

“Dokumen ini juga akan menjadi acuan bagi pusat dalam menetapkan kebijakan sektoral dan juga menjadi acuan bagi daerah didalam penyusunan kebijakan pengelolaan SDA pada tingkat provinsi dan kabupaten/kota,” ujar Alex Noerdin.

Gubernur Sumsel menyatakan, bahwa potensi air yang dimiliki bangsa Indonesia saat ini berada pada posisi terbesar kelima dunia. Potensi ini harus dibarengi dengan upaya pelestarian SDA secara berkelanjutan dan terpadu.

“Ini harus dilakukan bila tidak ingin Indonesia mengalami masalah menyangkut penyediaan air di masa mendatang. Penyediaan ini tidak lepas dari cakupan air permukaan yang terdiri dari sungai dan danau,” ungkap Alex.

Sebagai contoh, di Pulau Sumatera terdapat 39 wilayah sungai yang mempunyai luas 438.678 km2 dengan luas banjir 67.191 km2 (15,3 persen) dan luas longsor sebesar 26.696 km2 (6,1 persen).

“Semua wilayah sungai ini harus dikelola dengan terkoordinasi secara bersama-sama. Dalam pengelolaan SDA tidak terlepas dari pengelolaan Daerah Aliran Sungai (DAS),” jelas Alex Noerdin.

Menurut Gubernur Sumsel ekosistem DAS dipengaruhi oleh empat faktor kunci yang meliputi sumber daya alam (natural capital), sumber daya manusia (human capital), sumber daya buatan manusia (man-made capital) dan pranata institusi formal maupun informal masyarakat (social capital).

Selain itu, diseminasi ini juga memaparkan ekpose dari Dinas Pekerjaan Umum Pemerintah Aceh tentang “Koordinasi Pengelolaan SDA di Provinsi Aceh” dan dari Bappeda Sumsel sebagai “tuan rumah” yang memaparkan ekspose tentang “Pengelolaan SDA Terpadu Antar Sektor Antar Wilayah”.**jon/ad/tom


Foto Lainnya :

Diseminasi Ranc...
Diseminasi Ranc...
Diseminasi Ranc...
Diseminasi Ranc...
Diseminasi Ranc...
Diseminasi Ranc...

Kebijakan PSDA Nasional

Counter Pengunjung

Hari ini189
Kemarin715
Minggu ini2048
Bulan ini14263
Total379113

Situs Terkait

Webmail

Iklan Layanan Masyarakat