Dalam rangka memperingati Hari Air Dunia (HAD) XXII tahun 2014 yang bertemakan "Air dan Energi", Ikatan Mahasiswa Sipil Fakultas Teknik - Universitas I ndonesia bekerjasama dengan Direktorat Jenderal Sumber Daya Air - Kementerian Pekerjaan Umum menyelenggarakan Festival Hari Air Dunia (World Water Festival) di Gedung Rektorat Universitas Indonesia, Depok (3/5).

Festival Hari Air Dunia tahun ini diisi dengan lomba mewarnai (tingkat TK), lomba menggambar (tingkat SD), lomba poster dan paduan suara (tingkat SMP), lomba penelitian ilmiah dan jingle (tingkat SMA).

Peserta lomba tersebut merupakan para pelajar TK, SD SMP dan SMA yang diperkirakan sekitar 400 orang berasal dari berbagai sekolah di wilayah Jakarta, Depok, Tangerang, dan Bekasi.

Acara ini dihadiri oleh Sekretaris Harian Dewan Sumber Daya Air Nasional selaku Koordinator Bidang Kampanye Peduli Air - Panitia Nasional Peringatan HAD Tahun 2011-2015, Ir. Widiarto, SP.1, Ikatan Mahasiswa Sipil Fakultas Teknik Universitas Indonesia, para peserta lomba, guru pendamping, orang tua peserta dan undangan lainnya.

Semakin Berharga

Dalam sambutan pembukaan acara Festival Lomba tersebut, Widiarto mengatakan, bahwa air merupakan kebutuhan dasar bagi setiap makhluk hidup. Air sebagai karunia Tuhan Yang Maha Esa merupakan salah satu zat yang sangat vital dan mutlak dibutuhkan bagi kehidupan dan penghidupan umat manusia sepanjang masa, dimana kedudukan air hingga kini belum dapat tergantikan fungsinya oleh zat dan unsur lainnya.

"Kegunaan air yang bersifat universal atau menyeluruh dari setiap aspek kehidupan menjadikan ketersediaannya semakin berharga dan sangat dipengatuhi oleh kuantitas dan kualitasnya. Sebenarnya jumlah air tetap tetapi jumlah populasi manusia semakin bertambah," katanya.

Menurut Widiarto, dengan tema Air dan Energi, kita semua diingatkan untuk selalu menjaga ketersediaan air dimana air sangat erat kaitannya dengan energi. Apabila kuantitas air tidak dijaga maka ketersediaan energi juga akan punah.

"Kebutuhan akan air dari waktu ke waktu semakin meningkat sejalan dengan pertambahan penduduk, sementara ketersediaan air tetap. Oleh karenanya, kita menjaga dan melestarikannya. Dengan kata lain save water save energy,” lanjut Widiarto.

Dirinya juga mengingatkan, bahwa negara Indonesia termasuk negara yang kaya akan air dengan potensi sebesar 3.906 Milyar m3/tahun. Namun demikian, saat ini diasakan bersama adanya masalah terkait dengan air yang perlu diwaspadai.

"Masalah tersebut bisa juga disebut 4 T, yaitu Terlalu banyak, mengakibatkan banjir saat musim hujan, Terlalu sedikit menyebabkan kekeringan saat musim kemarau, Terlalu kotor bisa terjadi pencemaran, dan Terlalu boros sehingga tidak bisa bersikap hemat dalam penggunaan air," ujarnya.

Hal tersebut, menurut Sekretaris Harian Dewan SDA Nasional, menuntut kita semua untuk peduli akan air dan sumber-sumber air. Oleh karenanya, air beserta sumber-sumber air harus dikelola dengan baik, dipelihara, dilindungi dan dijaga kelestariannya sebagai warisan bagi generasi yang akan datang.

"Berhenti mengeluh tidaklah cukup, berkata kata indah dengan penuh semangat juga tidak akan pernah cukup, semua orang dapat turut ambil bagian dalam gerakan ini. Lakukan aksi nyata. Peduli air sekarang, atau menyesal nanti," pesan Widiarto.

Beberapa Kriteria

Sementara menurut Adrian Satriaji, Ketua Ikatan Mahasiswa Sipil Fakultas Teknik Universitas Indonesia, tujuan diadakannya acara ini adalah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat sejak dini akan ketersediaan air dan energi.

Oleh karena itu, menurutnya, masyarakat diharapkan dapat berkontribusi dalam memberikan solusi bagi permasalah pengelolaan air dan energi sesuai dengan tugas dan perannya masing-masing.

Sedangkan Ketua Panitia Festifal Lomba Universita s Indonesia dalam rangka HAD XXII, Mahasiswa Jurusan Teknik Sipil - Fakultas Teknik UI, Hafidh Erry Priyanto mengatakan, bahwa lomba-lomba yang diadakan tersebut terdiri dari beberapa kategori.

"Untuk tingkat TK berupa lomba mewarnai, tingkat SD berupa lomba gambar dengan dua kategori, yaitu kelas 1-3 dan kelas 4-6, tingkat SMP berupa lomba membuat poster dan paduan suara, dan untuk tingkat SMA berupa lomba membuat jingle dan penelitian ilmiah," katanya.

Menurut Hafidh, sebetulnya antusias dari para peserta yang semula diundang cukup besar. Namun dikarenakan waktu acara Festival Lomba ini bersamaan dengan adanya kegiatan lain disekolah, banyak yang mengurungkan niatnya untuk berpartisipasi dalam lomba ini.

"Setelah kami mengundang ke berbagai sekolah di wilayah Jakarta, Depok, Tengerang dan Bekasi, memang ada beberapa sekolah yang tidak bisa datang pada kesempatan saat ini. Akan tetapi mereka berkeinginan untuk bisa mengikuti acara ini pada tahun depan," katanya.

Adapun para siswa-siswi yang merebut juara pada ajang tersebut, antara lain untuk tingkat TK, sebagai juara I adalah Naufal Al Fadhil Kurniawan (TK RA Nurul Huda Depok), juara II adalah Cinthya (TK Al Marian Depok) dan juara III direbut oleh Zahra (TK Nurul Jihad Depok).

Untuk kategori lomba menggambar kelas 1-3, sebagai juara I adalah Myla Azka Fathiya (SDN Anyelir I Depok), juara II adalah Rasendriya Kirana (SDN Depok Baru 3), dan juara III adalah Najmina A.Z (SDN Anyelir 1 Depok).

Lomba menggambar kelas 4-6, sebagai juara I adalah Dyvan Maharddika (SDN Beji 5 Depok), juara II adalah Andara Teguh Pritama (SDN Beji 1 De pok), dan sebagai juara III adalah Sultan Farrel Ananda (SDN Anyelir 1 Depok).

Kemudian dalam lomba poster inspiratif sebagai juara I direbut oleh regu SMPN 9 Depok, juara II oleh regu SMPN 12 Depok dan sebagai juara III direbut oleh regu SMPN 73 Jakarta.

Pada lomba paduan suara, sebagai juara I diraih oleh Kelompok Paduan Suara SMPN 37 Jakarta, juara II oleh Kelompok Paduan Suara SMPN 4 Depok dan juara III oleh Kelompok Paduan Suara SMPN 155 Jakarta.

Sedangkan tingkat SMA pada kategori lomba penelitian ilmiah , sebagai juara I direbut oleh tim SMAN 28 Jakarta, juara II oleh Tim C SMAN 24 Kabupaten Tangerang dan juara III oleh Tim B SMAN 24 Kabupaten Tengrang.

Lomba membuat jingle, sebagai juara I direbut oleh tim dari SMAN 1 Tangerang, juara II oleh tim SMAN 28 Jakarta dan sebagai juara III diraih oleh tim dari SMAN 7 Depok.**jon/ ad


Foto Lainnya : 

HAD XXII Tahun ...
HAD XXII Tahun ...
HAD XXII Tahun ...
HAD XXII Tahun ...
HAD XXII Tahun ...
HAD XXII Tahun ...
HAD XXII Tahun ...
HAD XXII Tahun ...

Kebijakan PSDA Nasional

Counter Pengunjung

Hari ini281
Kemarin671
Minggu ini4222
Bulan ini16854
Total341807

Situs Terkait

Webmail

Iklan Layanan Masyarakat