Sebanyak 17 orang anggota Dewan Sumber Daya Air Nasional (Dewan SDA Nasional) melaksanakan rapat konsiyasi untuk mempersiapkan dan mengimplementasikan rencana kerja yang telah disusun sebelumnya, di Kota Bogor – Jawa Barat (6-9/10).

Rapat konsiyasi Tim Kecil yang dibuka oleh Sekretaris Harian Dewan SDA Nasional, Dr. Ir. Untung Budi Santosa, M.Sc tersebut membahas 5 (lima) agenda yang telah disepakati bersama sesuai dengan kondisi kekinian yang ada.

Kelima agenda yang dibahas tersebut antara lain, penyusunan konsep instrumen koordinasi Kementerian/Lembaga, persiapan lokakarya koordinasi dan konsultasi kebijakan Dewan SDA Nasional dengan Dewan SDA Provinsi, dan penyusunan instrumen monitoring dan evaluasi tindaklanjut rekomendasi Dewan SDA Nasional tahun 2014.

Dua agenda lainnya adalah persiapan kunjungan lapangan anggota Dewan SDA Nasional terkait isu-isu permasalahan strategis SDA guna merumuskan permasalahan dan tersusunnya rekomendasi terhadap penyelesaian masalah yang ada dan menentukan waktu pelaksanaan dengar pendapat dengan Tim Penyusun Naskah Akademik Rancangan Undang-Undang Sumber Daya Air (RUU SDA).

 SWOT

Dengan di pandu salah satu anggota Dewan SDA Nasional, Ir. S. Indro Tjahyono (SKEPHI) sebagai moderator, rapat konsiyansi Tim Kecil ini telah menyepakati konsep instrumen koordinasi Kementerian/Lembaga. Misalnya saja mengenai mekanismenya, yaitu dengan melakukan inventarisasi data dan informasi terkait dengan pertanyaan kapan, dimana, siapa, dan bagaimana.

Lalu, melakukan identifikasi masalah serta menyamakan persepsi dan pemahaman mengenai masalah, melakukan kordinasi, sinkronisasi, komunikasi, dan harmonisasi antar pihak (melakukan identifikasi Strengths, Weaknesses, Opportunities, dan Threats/SWOT) serta menyepakati dan melakukan pembagian peran berdasarkan tugas dan fungsi serta urusan masing-masing.

Juga disepakati rencana pelaksanaan lokakarya koordinasi dan konsultasi kebijakan Dewan SDA Nasional dengan Dewan SDA Provinsi, yaitu melaksanakan penentuan tema, tujuan kegiatan, waktu dan tempat penyelenggaraan, peserta, materi dan narasumber yang akan berlokakarya.

Adapun tema yang telah disepakati pada rencana lokakarya tersebut adalah “Memantapkan Peran Strategis Dewan SDA Nasional dan Provinsi dalam mewujudkan Ketahanan Air untuk mendukung Kedaulatan Pangan dan Energi”.

Untuk agenda penyiapan kunjungan lapangan anggota Dewan SDA Nasional, Tim Kecil telah menyepakati apa tujuan dan sasaran dari kunjungan lapangan tersebut, bagaimana metode pelaksanaannya, kapan waktunya dan dimana lokasi kunjungan tersebut.

Mengenai tujuan kunjungan lapangan ini disepakati yaitu untuk mengetahui secara faktual kondisi lapangan serta identifikasi dan verifikasi permasalahan yang berdampak secara nasional di bidang SDA.

Sedangkan sasarannya adalah terumuskannya permasalahan dan tersusunnya rekomendasi untuk dapat menyelesaikan permasalahan yang timbul. Metode kunjungan, survey, wawancara dan pengumpulan data sekunder merupakan metode pelaksanaan dari kunjungan lapangan ini.

Agenda lainnya yang telah disepakati adalah penyusunan instrumen monitoring dan evaluasi tindaklanjut rekomendasi Dewan SDA Nasional pada tahun 2014. Kegiatan ini antara lain men entukan apa saja yang dipandang untuk segera dilakukan dan siapa stakeholder SDA yang menjadi pelakunya, khususnya untuk Kementerian/Lembaga.

Terakhir, adalah agenda memberikan masukkan substansi RUU tentang SDA dari Dewan Sumber Daya Air Nasional kepada Kementerian Pekerjaan Umum dan Rumah Rakyat melalui Subdit Pengaturan, Dit. Bina Penatagunaan SDA - Ditjen SDA sebagai usulan dan bahan pertimbangan dalam penyusunan RUU SDA yang baru nanti.

Anggota Tim Kecil yang hadir dalam konsinyasi tersebut antara lain, perwakilan Asisten Deputi Infrastruktur SDA, Deputi Bidang koordinasi Infrastruktur dan Pengembangan Wilayah – Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, perwakilan Direktur Pegairan dan Irigasi – Deputi Prasarana dan Sarana – Bappenas, perwakilan Direktur Sinkronisasi Urusan Pemerintahan Daerah, Ditjen Bangda – Kementerian Dalam Negeri, dan Ir. Kuswanto Sumo Atmojo (LP3ES).

Anggota lainnya yang hadir adalah Ir. M. Rusdi H.M (LPM-Aquasysta), Ir. M. Napitupulu yang diwakili Ir. Ahmadi Partowijoto, CAE (Kemitraan Air Indonesia/KAI), Imam Mustofa, SP (HKTI), Prof. Ir.Otto Sudarmaji R. Ongkosongo (IAGI),M.Sc, Ir. Adi Sarwoko, Dipl. HE yang diwakili Ir. Bambang Warsito, MT (YAAE), DR. Ir. Bambang Widtyantoro (APHI), Ir. Eddy Eko Susilo (Appatindo), Ully Harry Rusady (YGN), Victor Sidabutar (JIKPA), serta Drs. Rahman Alba, MM (AHTRMI).

 


Foto Lainnya : 

Konsinyasi Tim ...
Konsinyasi Tim ...
Konsinyasi Tim ...

Kebijakan PSDA Nasional

Counter Pengunjung

Hari ini386
Kemarin671
Minggu ini4327
Bulan ini16959
Total341912

Situs Terkait

Webmail

Iklan Layanan Masyarakat