Sesuai dengan amanah UU No. 7 tahun 2004 tentang Sumber Daya Air dan Peraturan Pemerintah No. 42 tahun 2009 tentang Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA), yang antara lain disebutkan bahwa Pemerintah dan pemerintah daerah menyelenggarakan pengelolaaan sistem informasi SDA sesuai dengan kewenangannnya.

Sistem informasi ini antara lain meliputi Sistem Informasi Hidrologi, Hidrometeorologi dan Hidrogeologi (SIH3) wilayah sungai pada tingkat nasional, provinsi dan kabupaten/kota.

Untuk melaksanakan amanah tersebut, Sekretariat Dewan SDA Nasional akan mencoba menyusun konsep ataupun rancangan SIH3 pada tataran tingkat nasional dengan mengundang nara sumber dari instansi terkait.

Hal tersebut mengemuka saat dilaksanakannnya rapat “Pembahasan Agenda Forum Group Discusion (FGD)”dalam rangka penyusunan kebijakan pengelolaan SIH3 pada tingkat nasional, di Jakarta (12/7).

Rapat yang mengundang dari berbagai instansi terkait, antara lain LIPI, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Departemen Pertanian, Departemen Perhubungan, Departemen Energi dan Sumber Daya Miniral (ESDM), Ditjen SDA – Dep. Pekerjaan Umum (PU) dan Puslitbang SDA, telah menghasilkan beberapa kesepakatan pelaksanakan agenda tersebut.

Misalnya saja, dalam pelaksanaan FGD-1 (pertama) yang direncanakan berlangsung pada akhir Juni (29/7) ini dan akan difasilitasi oleh Sekretariat Dewan SDA Nasional, masing-masing institusi terkait akan mengekspose sistem informasi yang ditananganinya dan kendala-kendala yang dihadapi.

Dengan demikian dalam pemaparannya nanti, bisa diketahui permasalahannya yang terjadi di instansi terkait tersebut, sehingga bisa dirancang bagaimana nantinya SIH3 ini bisa dijalankan dan dibangun bersama.

Kesepakatan lainnya, adalah dalam FGD-2 (kedua) yang waktu pelaksanaannya akan ditetapkan dalam FGD-1, akan lebih diperinci atau diidentifikasi target dan tantangan, baik dari sisi pengelola maupun pengguna sistem informasi ini.

Kemudian dalam FGD-3 nantinya, baru akan ditentukan dan ditetapkan modelnya dan penggunaan teknologinya sehingga seluruh pengelola dan penggunanya dapat mengakses dan memanfaatkan SIH3 ini dengan sebaik-baiknya


Selain itu, dalam rapat kali ini juga diusulkan agar dalam pelaksanaan FGD tersebut dapat mengundang unsur dari perguruan tinggi, Lembaga Penerbangan Antariksa Nasional (LAPAN), Kementerian Lingkungan Hidup (LH) dan dan stakeholder lainnya, seperti Lembaga Swadaya masyarakat (LSM) terkait. **

Kebijakan PSDA Nasional

Counter Pengunjung

Hari ini10
Kemarin583
Minggu ini10
Bulan ini17166
Total342119

Situs Terkait

Webmail

Iklan Layanan Masyarakat