Sekretariat Dewan Sumber Daya Air Nasional (Dewan SDA Nasional) saat ini tengah mempersiapkan pelaksanaan sidang perdana anggota Dewan SDA Nasional yang direncanakan pada akhir bulan Juni 2009.

Dalam rapat persiapan pertama yang membahas agenda sidang perdana dan mengundang beberapa anggota Dewan SDA Nasional, baik dari perwakilan anggota unsur Pemerintah maupun non-Pemerintah di Jakarta (16/6), telah disetujui akan dilakukan kembali rapat persiapan untuk lebih mempertajam agenda sidang perdana tersebut.

Namun untuk rapat persiapan berikutnya telah disepakati untuk mengundang seluruh anggota Dewan SDA Nasional yang berjumlah 44 orang, dimana 22 orang berasal dari unsur Pemerintah dan 22 orang berasal dari unsur non-Pemerintah agar lebih menghasilkan “kebulatan” suara, sebelum dilaksanakannya sidang perdana.

Hal tersebut amat diperlukan. Pasalnya, menurut rencana dalam sidang perdana Dewan SDA Nasional nantinya akan mengundang seluruh anggota Dewan SDA Nasional. Dimana 22 orang anggota Dewan SDA Nasional yang berasal dari unsur Pemerintah adalah Menteri, Kepala Badan, Kepala Lembaga dan Gubernur yang mempunyai keterbatasan waktu.

Selain itu, dengan adanya rapat-rapat persiapan sebelumnya diharapkan dalam sidang perdana yang akan dihadiri oleh seluruh anggota Dewan SDA Nasional tersebut, akan dapat menghasilkan kesepakatan dan penetapan yang lebih optimal.

Usulan Agenda

Dalam rapat persiapan pertama yang dipandu Ir. Hafil Widianto, MM – Asisten Deputi Urusan Infrastruktur SDA yang merupakan wakil Meteri Koordinator Bidang Perekonomian dan Ir. Imam Anshori, MT – Sekretris Harian Dewan SDA Nasional tersebut, ada beberpa agenda sidang perdana yang diusulkan.

Agenda tersebut diantaranya mengenai penetapan tatatertib persidangan dan tatacara pengambilan keputusan. Juga mengenai adanya penetapan tentang target kerja Dewan SDA Nasional dan rencana kerja tahun 2010.

Ada beberapa target kerja Dewan SDA Nasional pada tahun 2009 ini. Misalnya saja penetapan tatatertib persidangan dan tatacara pengambilan keputusan, tersusunnya naskah Kebijakan Nasional SDA (KN-SDA), tersusunnya naskah Kebijakan Pengelolaan Sistem Informasi Hidrologi, Hidrometeorologi dan Hidrogeologi (SIH3).

Target tahun 2009 berikutnya adalah telah tersusunnya pertimbangan Dewan SDA Nasional tentang penetapan Wilayah Sungai (WS) berdasarkan usulan Menteri Pekerjaan Umum (PU), pertimbangan tentang Cekungan Air Tanah (CAT) berdasarkan usulan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) dan penyusunan LaporanTahunan Dewan SDA Nasional.

Untuk agenda selanjutnya yang diusulkan adalah akan adanya penjelasan mengenai urgensi dan esensi KN-SDA, serta pembentukan Panitia Khusus (Pansus) Dewan SDA Nasional mengenai KN-SDA, SIH3, serta penetapan WS dan CAT.

Kebijakan PSDA Nasional

Counter Pengunjung

Hari ini379
Kemarin602
Minggu ini2059
Bulan ini10793
Total375643

Situs Terkait

Webmail

Iklan Layanan Masyarakat