Setelah menunggu waktu sekitar satu bulan lamanya sesudah pelaksanaan Sidang Perdana Dewan Sumber Daya Air Nasional (Dewan SDA Nasional) pertengahan Juli 2009, akhirnya rapat Panitia Khusus (Pansus) Penyusunan Naskah Kebijakan Nasional Sumber Daya Air (KN-SDA) dapat dilaksanakan di Jakarta (26/8).

Pelaksanaan rapat Pansus ini bisa dilaksanakan setelah terbitnya Surat Keputusan dari Menko Bidang Perekonomian selaku Ketua Dewan SDA Nasional No. KEP-15/M.Ekon/08/2009 tentang Pantia Khusus Pada Dewan SDA Nasional, yang menetapkan keanggotaan Pansus KN-SDA ini berjumlah 39 orang, baik yang berasal dari unsur Pemerintah maupun non-Pemerintah.

Dalam rapat Pansus yang membahas Naskah Akademik KN-SDA dan draft KN- SDA tersebut, dipandu oleh Ketua Pansus KN-SDSA, Ir. Hilman Manan, Dipl. HE dan Sekretarisnya, Ir. Hafil Widianto, MM tersebut, banyak mendapat perhatian dan masukan dari para peserta rapat.

Misalnya saja, mengenai misi yang akan dilaksanakan dalam pengelolaan SDA ke depan. Di dalam daftar isi yang ada, belum ditampilkan misinya, dan yang ada hanya visinya saja. Sehingga perlu untuk menampilkan misinya juga.

Kemudian mengenai kebijakan-kebijakan nasional yang akan dilaksanakan nantinya, juga diharapkan dapat lebih membumi dan menyentuh masyarakat yang tinggal di perdesaan dan yang tinggal di pelosok nusantara.

Disiapkan Lama

Menurut Hilman, pembahasan ini sebagai tugas dari Pansus yang dibentuk melalui Menko Bidang Perekonomian selaku Ketua Dewan SDA Nasional, dimana pembentukan Pansus merupakan hasil kesepakatan Sidang Perdana Dewan SDA Nasional pada tanggal 16 Juli 2009.

“Sesuai kesepakatan sidang, dibentuk Pansus untuk menyusun Kebijakan Nasional SDA. Sesuai SK Pansus dari Ketua Dewan SDA nasional, maka Dirjen Pengolahan Lahan dan Air (PLA) - Dep.Pertanian ditunjuk sebagai Ketua dengan Sekretaris dari Assisten Deputy Urusan Infrastruktur SDA dari Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian,” kata Hilman.

Hilaman menjelaskan, bahwa bahan yang diterima para peserta rapat Pansus ini adalah naskah akademis yang sudah disiapkan sejak tahun 2006. Dari naskah tersebut, Ditjen SDA – Departemen Pekerjaan Umum (PU) melalaui Sekretariat dewan SDA Nasional membentuk Tim Kecil dalam melakukan pembahasan yang dibantu Tenaga Ahli.

“Setelah tersusun dan dari hasil pembahasan yang dilakukan, dilanjutkan dengan lokakarya yang pesertanya merupakan calon anggota Dewan SDA Nasional. Tim Kecil untuk menyusun ini ditunjuk dengan SK Dirjen dan dibantu oleh Tenaga Ahli,” ujar Hilman.

Lebih lanjut di jelaskan Himan Manan, bahwa dari hasil lokakarya, Sekretaris Dewan SDA Nasional kemudian menunjuk Tim Penyusun yang dibantu Tenaga Ahli, yang telah melakukan beberapa kali pembahasan di bulan Februari, Maret dan April 2009.

“Dan dari hasil pembahasan, Sekretariat Dewan SDA Nasional menyampaikan bahan yang masih dalam bentuk Kerangka Kebijakan Nasional SDA. Inilah yang diterima hari ini,” jelas Hilman Manan

Untuk mengingatkan kembali mengenai draft KN-SDA ini, Sekretaris Pansus KN- SDA, Hafil Widianto kemudian menjelaskan pemaparannya kepada seluruh peserta rapat. Begitu pula mengenai kronologis penyusunan draft dan naskah akademik KN- SDA ini juga dijelaskan oleh Sekretaris Harian Dewan SDA Nasional, Ir. Imam Anshori, MT.
Setelah melalui berbagai tanya jawab dan masukan dari para peserta rapat, kemudian dihasilkan kesimpulan bahwa Sekretaris Pansus akan menyusun ulang naskah akademis, yang dibantu oleh suatu Tim Kecil yang bekerja untuk ikut menyusun KN-SDA tersebut.

Tim ini terdiri dari tujuh orang yang dikoordinator oleh Sekeratris Pansus. Ketujuh orang tersebut adalah Karen Sjarief (Asbindo), Bambang Widyantioro (APHI), Indro Tjahyono (Skephi), Hasim (PSDA Watch), Rubiyanto (Yayasan Air Adhi Eka) dan Peter Hehanusa (LIPI).

Namun demikian, seluruh anggota Pansus KN-SDA ini, dapat memberikan masukannya kembali melalui email Sekretariat Dewan SDA Nasional hingga hari Senin, 31 Agustus 2009. Dari hasil masukan-masukan tersebut nantinya akan dirumuskan oleh tim kecil tersebut dan nantinya bisa dibantu oleh tenaga ahli yang diperlukan.
Diharapkan KN - SDA ini dapat diselesaikan pada bulan September 2009 dan dapat dilaporkan pada Sidang Dewan SDA Nasional kedua nantinya.**

Kebijakan PSDA Nasional

Counter Pengunjung

Hari ini370
Kemarin602
Minggu ini2050
Bulan ini10784
Total375634

Situs Terkait

Webmail

Iklan Layanan Masyarakat