Panitia Khusus (Pansus) Pemberian Pertimbangan Untuk Penetapan Wilayah Sungai (WS), Cekungan Air Tanah (CAT) dan Pertimbangan Forum DAS telah berhasil menyepakati memberikan tiga pertimbangan dalam rapat pembahasan khusus mengenai CAT (9/9).

Dalam rapat yang dipimpin oleh Ketua Pansus, Ir. Sugiyanto, M.Eng tersebut, tidak mudah untuk mecapai kata sepakat. Berbagai masukan dan saran dari para anggota pansus, banyak memberi warna dalam penyusunan pemberian pertimbangan atas Rancangan Keputusan Presiden RI tentang Penetapan Cekungan Air Tanah (CAT).

Ketiga pertimbangan tersebut antara lain, adanya penambahan satu diktum dalam Rakeppres tersebut, yang menyebutkan bahwa CAT yang ditetapkan sebagaimana dimaksud pada diktum satu merupakan CAT yang telah didentifikasi.

Kemudian ada tambahan paragraph berikutnya, yaitu CAT lintas negra yang belum ditetapkan dalam keputusan ini, akan ditetepkan lebih lanjut.

Petimbangan lainnya adalah tabel daftar CAT (Lampiran 1) akan dilengkapai dengan lokasi kabupaten/kota pada masing-masing CAT. Hal tersebut belum tercamtum pada Rakeppres yang ada.

Lainnya adalah bahwa legenda (lampiran 2) agar dicantumkan pada setiap lembar peta CAT per provinsi. Memang dalam Rakeppres ini, meski telah ada legendanya namun belum seluruh peta provinsi tersebut.

Sementara itu dalam draft Rancangan Keputusan Presiden (Rakeppres) RI yang telah disusun terdiri dari tiga diktum. Dalam diktum kesatu menetapkan CAT yang meliputi CAT dalam satu kabupaten/kota, CAT lintas kabupaten/kota, CAT lintas provinsi, dan CAT lintas negara dengan daftar dan koordinat CAT sebagaimana tercantum dalam lampiran I serta peta CAT sebagaimana tercantum dalam lampiran II yang merupakan bagian tidak terpisahkan dari Keputusan Presiden ini.

Dalam dkitum kedua menjelaskan bahwa CAT sebagaimana dimaksud dalam diktum kesatu menjadi dasar pengelolaan air tanah oleh menteri, gubernur, atau bupati/walikota sesuai dengan kewenangannya.

Diktum ketiga menjelaskan bahwa Keputusan Presiden ini mulai berlaku pada tanggal ditetapkan. **

Kebijakan PSDA Nasional

Counter Pengunjung

Hari ini10
Kemarin583
Minggu ini10
Bulan ini17166
Total342119

Situs Terkait

Webmail

Iklan Layanan Masyarakat