Mahasiswa dan mahasiswi Fakultas Teknik Sipil – Universitas Indonesia yang tergabung dalam Ikatan Mahasiswa Teknik Sipil (IMTS) menyelenggarakan berbagai acara lomba antar tingkat Taman Kanak-Kanak (TK), Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA) di Gedung Rektorat - Kampus Universitas Indonesia (UI) Depok dalam rangka memperingati Hari Air Dunia XVIII tahun 2010 (17/4).

Sebanyak 10 TK, 10 SD, lima SMP dan lima SMA yang berasal dari wilayah Jakarta dan Depok, telah mengikuti berbagai lomba yang diselenggarakan di Kampus Kuning ini. Lomba yang dipertandingkan adalah lomba mewarnai (TK), menggambar (SD), menulis essay (SMP) dan lomba Karya Ilmiah Remaja (KIR) tingkat SMA.

Cukup piawai juga para peserta ini mengikuti lomba. Misalnya saja, untuk lomba mewarnai tingkat TK, meski di tengah terik matahari mereka tetap bersemangat untuk terus mewarnai gambar yang disediakan panitia penyelenggara.

Mereka, tak menghiraukan panasnya mentari yang menyengat bumi. Walau berkeringat, peluh membasahi seluruh tubuhnya, mereka tetap saja terus mewarnai sesuai dengan desain gambar yang disediakan dan mengacuhkan teman-temannya yang acapkali menggodanya.

Berlainan halnya untuk lomba menggambar tingkat SD, meski terkesan santai, tetapi mereka cukup serius membuat gambar dimana disesuaikan dengan tema HAD XVIII tingkat nasional, yaitu “Pentingnya Kualitas Air untuk Indonesia Sehat”.

Sama halnya dengan lomba menggambar di tingkat SD, untuk lomba membuat essay yang terkait dengan tema HAD XVIII, para siswa-siswi SMP pun terlihat santai, sambil berbaring dan membayangkan apa yang akan ditulisnya, mereka membuat karangannya.

Sedangkan untuk lomba KIR tingkat SMA, mereka para peserta ‘bak’ seorang peneliti professional memaparkan dan menjelaksan hasil dari kegiatan penelitiannya kepada ketiga orang juri yang semuanya merupakan dosen dari perguruan tinggi.

Untuk para juara yang sempat dicatat dalam lomba tersebut, misalnya saja lomba menulis essay juara I adalah Ahmad Muliansyah dari SMPN 109 Jakarta, juara II di rebut bersama oleh dua orang peserta dikaranekan nilainya sama, yaitu Astrid Restu Chaerani dari SMPN 2 Depok dan Salma Suka Kyana Nareswari dari SMPN 115 Jakarta.

Sedangkan untuk lomba KIR, mereka yang juara adalah KIR SMAN 38 Jakarta sebagai juara I, KIR SMAN 2 Depok merebut juara II dan sebagai juara III adalah KIR SMAN 70 Jakarta.

Turut menyaksikan lomba pada kesempatan tersebut Plt. Dirjen Sumber Daya Air – Kementerian Pekerjaan Umum selaku Ketua Umum Panitia Nasional HAD XVIII, DR. Ir. M. Amron, M.Sc didampingi Sekretaris Harian Dewan Sumber Daya Air Nasional (Dewan SDA Nasional) selaku Ketua I Panitia Nasional. **faz/ad


Foto Lainnya :

UI Selenggaraka...
UI Selenggaraka...
UI Selenggaraka...
UI Selenggaraka...
UI Selenggaraka...
UI Selenggaraka...
UI Selenggaraka...
UI Selenggaraka...

Kebijakan PSDA Nasional

Counter Pengunjung

Hari ini378
Kemarin467
Minggu ini3077
Bulan ini11811
Total376661

Situs Terkait

Webmail

Iklan Layanan Masyarakat