Tak mau ketinggalan dengan perguruan tinggi lainnya, Universitas Al Azhar Indonesia (UAI) juga turut menyelenggarakan kegiatan Kampanye Peduli Air (KPA) dalam rangka memperingati Hari Air Dunia (HAD) XXII tahun 2014 di SDN Lebak Wangi dan SDN Mekar Wangi, Kecamatan Parung - Kabupaten Bogor, Jawa Barat (4/5).

Pada kegiatan yang mengundang peserta dari siswa-siswi TK dan SD dan para orang tua yang bermukim di sekitar Kecamatan Parung - Bogor ini , dihadiri oleh Kepala Bagian Tata Usaha Sekretariat Dewan Sumber Daya Air Nasional mewakili Sekretaris Harian Dewan Sumber Daya Air Nasional selaku Koordinator Bidang Kampanye Peduli Air Panitia Nasional Peringatan HAD Tahun 2011-2015, Drs. Wawan Hernawan, MM dan undangan lainnya.

Dalam kata sambutannya, Wawan mengemukakan, bahwa sebagai karunia Tuhan Yang Maha Esa, air merupakan salah satu zat yang sangat vital dan mutlak dibutuhkan bagi kehidupan dan penghidupan umat manusia sepanjang masa.

"Kedudukan air hingga kini belum dapat tergantikan fungsinya oleh zat lain. Disamping itu sejalan dengan perkembangan jumlah penduduk mengakibatkan perubahan fungsi lingkungan yang memberikan tekanan terhadap kelestarian sumber daya air dan meningkatnya daya rusak air, serta terjadi penurunan kualitas air di beberapa tempat," katanya.
Wawan Hernawan mengingatkan, bahwa kebutuhan akan air dari waktu ke waktu semakin meningkat, sejalan dengan pertambahan jumlah penduduk, sedangkan ketersediaan air tetap.

"Oleh karena itu, mulai dari lingkungan yang terkecil yaitu keluarga sampai dengan lingkungan yang besar dalam lingkup negara dan dari mulai usia dini hingga umur lanjut usia, kita harus berperilaku untuk mengehemat penggunaan air. Seperti menghemat air saat mencuci dan mandi," pesannya.

Tema HAD XXII untuk tahun 2014, Wawan Hernawan menyebutkan, adalah "Air dan Energi". Menurutnya, sesuai dengan tema tersebut maka air dan energi saling berkaitan dan bergantung satu sama lainnya.

"Air membutuhkan energi, sebaliknya energi juga membutuhkan air. Bila kita menghemat air maka kita akan menghemat energi. Bila menghemat energi juga berarti menghemat air," ungkapnya.

Sumber Energi

Sementara itu Ketua Panitia Watergy, mahasiswa Jurusan Biologi (Bioteknologi) Fakultas Sains dan Teknologi - UAI, Achmad Jamaah S, menjelaskan bahwa tujuan penyelenggaraan kegiatan watergy yang merupakan singkatan Water and Energy, antara lain meningkatkan kesadaran siswa-siswi TK dan SD untuk menjaga dan melestarikan air dan sumber air di lingkungan sekitarnya.

"Selain itu kegiatan ini juga ditujukan dan menghimbau masyarakat agar ikut serta dalam mempertahankan dan meningkatkan kualitas air sebagai sumber energi, serta membangkitkan minat dan kegemaran anak-anak dalam kegiatan kreatif,' jelasnya.

Menurut Achmad, kegiatan Watergy ini diselenggarakan dalam bentuk lomba mewarnai di goodybag untuk tingkat TK, lomba menggambar di goodybag untuk tingkat SD , talkshow dengan tema "Air Sebagai Sumber Kehidupan dan Energi" oleh Dr. Nita Noriko, MS, serta dongeng anak-anak dengan judul Watergy Sahabatku.

Untuk lomba mewarnai di goodybag tingkat TK, sebagai juara I berhasil diraih Aprilitara Zahrani Adifa, juara II oleh Ratu Nabila Saskia Putri dan sebagai juara III di raih Asharani Salsabila.

Sedangkan mereka yang berhasil sebagai pemenang lomba menggambar di goodybag, adalah juara I direbut oleh Quinanita Sharendra Nugraha, juara II oleh Ratih Maiswita dan juara III direbut oleh Isnaeni Dewi Kirani.**jon/ad


Foto Lainnya : 

Universitas Al ...
Universitas Al ...
Universitas Al ...
Universitas Al ...
Universitas Al ...
Universitas Al ...
Universitas Al ...
Universitas Al ...